PT Rifan Financindo - Ke Mana Arah Harga Emas Dunia Hari Ini?: PT Rifan Financindo - Harga emas dunia di pasar spot terlihat kurang bertenaga sejak perdagangan awal pekan ini, padahal kondisi global kurang kondusif
Rabu, 04 September 2019
Selasa, 03 September 2019
Rifanfinancindo - Tidak Ada Aksi Jual Saham, Yen Jadi Loyo
Foto: Mata Uang Yen. (REUTERS/Yuriko Nakao/Files) |
Rifanfinancindo - Mata uang yen Jepang
mengakhiri perdagangan Senin (2/8/19) dengan menguat tipis 0,08%,
padahal di awal perdagangan melesat menguat cukup signifikan. Babak baru
perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China tidak memicu
aksi jual di bursa saham, sehingga yen tidak terlalu diburu pelaku pasar
sebagai aset aman (safe haven).
Bursa utama saham Asia berakhir variatif pada Senin kemarin, indeks
Nikkei yang melemah juga tidak terlalu tajam (-0,4%), indeks Shanghai
Composite China malah berakhir menguat 1,31%. Bursa saham Eropa malah
semuanya menghijau, sementara bursa saham AS libur pada Senin kemarin.
Pada hari ini, Selasa (3/9/19) pukul 7:28 WIB, yen berbalik melemah tipis 0,07%, diperdagangkan di kisaran 106,28/US$ di pasar spot, melansir daya Refinitiv.
Pada 1 September lalu, AS mulai mengenakan bea masuk 15% untuk importasi produk asal China senilai US$ 125 miliar di antaranya smartwatch, televisi layar datar, dan alas kaki. Sebelumnya, total produk China yang sudah terkena bea masuk di AS mencapai US$ 250 juta.
Sementara China mengenakan bea masuk 5-10% untuk importasi produk made in the USA senilai
US$ 75 miliar. Bea masuk baru ini mencakup 1.717 produk, termasuk
minyak mentah. Ini adalah kali pertama minyak asal AS dibebani bea masuk
di China.
Resmi berlakunya tambahan tarif impor tentunya membuat pertumbuhan ekonomi global terancam semakin melambat.
Tapi, data ekonomi China menunjukkan kejutan, indeks aktivitas
manufaktur di bulan Agustus menunjukkan ekspansi. Data yang dirilis oleh
Caixin tersebut menunjukkan angka indeks manajer pembelian (purchasing
managers' index/PMI) sebesar 50,4, naik dari bulan sebelumnya 49,9.
Indeks PMI dari Markit menggunakan angka 50 sebagai batas, di bawah
50 berarti kontraksi atau aktivitas yang menurun sementara di atas 50
berarti ekspansi atau perusahaan-perusahaan manufaktur meningkatkan
kegiatan usahanya.
Di tengah perang dagang yang kembali membara, ekspansi manufaktur
tentunya menjadi kejutan, ini berarti ada permintaan yang cukup tinggi
untuk produk-produk dari China. Hal tersebut membuat minat investor
terhadap aset berisiko membaik, dan permintaan akan aset safe haven seperti yen berkurang. (pap)
Sumber : CNBC
Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
Rifanfinancindo
Rifanfinancindo - Ayo Nabung Emas! Masih Bisa Naik •
Rifanfinancindo - Ayo Nabung Emas! Masih Bisa Naik •: Rifanfinancindo - Arah pergerakan harga emas dunia sedang dicermati oleh para pemodal saat pasar keuangan global sedang bergejolak.
Senin, 02 September 2019
Rifan Financindo - Tarif Gojek Cs di Seluruh RI Naik, Begini Respons Pengguna
Foto: Ilustrasi Grab bike (Istimewa Grab Indonesia) |
Rifan Financindo - Tarif baru ojek online (ojol)
mulai berlaku penuh di seluruh wilayah RI mulai Senin (2/9/2019) hari
ini. Tarif baru ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor
348 tahun 2019.
Gojek memberlakukan tarif baru di 221 kota, sedangkan Grab akan menerapkan di 224 kota. Kenaikan tarif ini ternyata tidak hanya berlaku untuk dua aplikator besar tersebut.
Gojek memberlakukan tarif baru di 221 kota, sedangkan Grab akan menerapkan di 224 kota. Kenaikan tarif ini ternyata tidak hanya berlaku untuk dua aplikator besar tersebut.
Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Ahmad
Yani, menegaskan, aturan itu wajib dipatuhi semua aplikator penyedia
layanan ojek online.
"Itu kita sudah sampaikan ke mereka bahwa you tarifnya harus sesuaikan dengan itu," ungkap Ahmad Yani kepada CNBC Indonesia, Jumat (30/8/2019).
Selain Grab dan Gojek, terdapat sejumlah aplikator lain yang memang selama ini sudah berkoordinasi dengan Kemenhub. Ahmad Yani menyebut, sosialisasi mengenai tarif sudah disampaikan juga kepada aplikator Cyberjek dan Maxim.
"Saya sudah sampaikan semua. Misalnya Cyberjek bahwa ada aturan, mereka harus ikuti aturan ini. Kemudian juga Maxim," tuturnya.
Mendapat Penolakan
Penerapan tarif baru ini mendapatkan penolakan dari banyak pengguna ojol. Penolakan ini karena, tarif Gojek dan Grab dinilai akan semakin mahal.
"Saya keberatan dengan tarif yang diberlakukan sekarang, apalagi saya cukup sering mengandalkan ojol untuk bekerja. Sehari bisa habis Rp 30 ribu, gimana kalau udah naik," ujar Efrem, salah satu pengguna setia ojol di Jakarta, kepada CNBC Indonesia, Minggu (1/8/2019). Efrem bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta dengan mobilitas tinggi.
Namun, pengguna setia Gojek dan Grab lainnya menilai, tidak masalah naik jika masih tetap diberikan promo. Promo dinilai akan sangat membantu dalam menggunakan transportasi online tersebut.
"Mahal deh pasti, [tarif] sekarang aja kalau deket aja jadi mahal pasti. Tapi semoga ada diskon," ujar Nia (32) yang juga pelanggan setia Gojek dan Grab. Ia berganti-ganti menggunakan dua aplikator ride-hailing ini.
Perempuan yang tinggal di Bekasi, Peti, juga berada pada pilihan yang sulit sebagai pengguna. Pelanggan setia ojol ini mengatakan setuju dan tidak setuju dengan tarif baru ini. Setuju jika tarif promo tetap berlaku sehingga tidak terlalu memberatkan keuangan.
Penerapan tarif baru ini mendapatkan penolakan dari banyak pengguna ojol. Penolakan ini karena, tarif Gojek dan Grab dinilai akan semakin mahal.
"Saya keberatan dengan tarif yang diberlakukan sekarang, apalagi saya cukup sering mengandalkan ojol untuk bekerja. Sehari bisa habis Rp 30 ribu, gimana kalau udah naik," ujar Efrem, salah satu pengguna setia ojol di Jakarta, kepada CNBC Indonesia, Minggu (1/8/2019). Efrem bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta dengan mobilitas tinggi.
Namun, pengguna setia Gojek dan Grab lainnya menilai, tidak masalah naik jika masih tetap diberikan promo. Promo dinilai akan sangat membantu dalam menggunakan transportasi online tersebut.
"Mahal deh pasti, [tarif] sekarang aja kalau deket aja jadi mahal pasti. Tapi semoga ada diskon," ujar Nia (32) yang juga pelanggan setia Gojek dan Grab. Ia berganti-ganti menggunakan dua aplikator ride-hailing ini.
Perempuan yang tinggal di Bekasi, Peti, juga berada pada pilihan yang sulit sebagai pengguna. Pelanggan setia ojol ini mengatakan setuju dan tidak setuju dengan tarif baru ini. Setuju jika tarif promo tetap berlaku sehingga tidak terlalu memberatkan keuangan.
Tak ada Lagi Tarif Murah Gojek & Grab
"Saya 50:50, selama promo ojol masih banyak saya agak terbantu dengan naiknya tarif. Contohnya selama tarif jarak terdekat dari stasiun Cawang ke Mampang sekarang Rp 10 ribu, dengan adanya promo Grab saya mengeluarkan ongkos Rp 4 ribu sekali jalan," jelas Peti, yang bekerja di salah satu perusahaan di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ini.
Namun, jika tarif promo dihilangkan maka ia memilih untuk menggunakan moda transportasi lain.
"Tapi kalau promo juga dihilangkan mungkin akan beralih ke tTransjakarta atau bawa kendaraan pribadi yang akan semakin menambah polusi," tambahnya.
Sementara itu, pelanggan setia ojol lainnya mengatakan tidak masalah dengan adanya tarif baru. Meski tarif naik, ia menilai tidak akan signifikan sehingga tidak terlalu menguras kantong.
"Harga naik tapi enggak signifikan, dan masih wajar dibanding dengan ojek pangkalan yang mematok harga sembarangan. Saya rasa tidak terlalu berpengaruh mengingat terbantunya masyarakat oleh ojol," kata Randu Hedi Pradipta (26), seorang pekerja swasta.
Skema Tarif
Sebagai informasi, dalam keputusan tarif baru ini, ada dua komponen penyusun tarif ojek online. Pertama, biaya langsung yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan biaya tidak langsung yang ditetapkan aplikator dengan besaran maksimal 20% dari total biaya langsung.
Sebelumnya, sudah dilakukan uji coba tarif baru ini sejak 1 Mei 2019. Uji coba ini dilakukan di 8 kota di Indonesia. Selanjutnya, pelaksanaannya dilakukan bertahap dan dipastikan akan mulai berlaku esok hari.
Kemenhub menyusun tarif langsung berdasarkan zonasi:
Dua aplikator besar mendukung kenaikan tarif ini. Senior VP Public Policy and Government Relations Gojek, Panji Ruky bahkan menyampaikan apresiasi atas penerapan ini.
"Kami senantiasa mendukung upaya pemerintah untuk mengedepankan layanan ojol, menyejeterahkan mitra pemgemudi, dan perbaiki layanan," ungkapnya.
Dia berharap ojol tetap menjadi prioritas perhatian pemerintah. Di sisi lain, dia memastikan tarif ojol tidak akan melanggar aturan yang telah ditetapkan.
Senada, Head of Strategy & Planning Public Affairs Grab Indonesia, Tirza R. Munusamy juga mendukung penerapan menyeluruh ini. Grab bahkan punya persiapan khusus untuk realisasi aturan.
"Disiapkan alogoritma juga supaya sesuai dengan KM 348/2019. Survey ke mitra pengemudi juga sangat positif, baik buat pendapatan mereka. Semoga bisa buat mitra pengemudi dan pengguna lebih sejahtera," tandasnya. (hps/hps)
Sebagai informasi, dalam keputusan tarif baru ini, ada dua komponen penyusun tarif ojek online. Pertama, biaya langsung yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan biaya tidak langsung yang ditetapkan aplikator dengan besaran maksimal 20% dari total biaya langsung.
Sebelumnya, sudah dilakukan uji coba tarif baru ini sejak 1 Mei 2019. Uji coba ini dilakukan di 8 kota di Indonesia. Selanjutnya, pelaksanaannya dilakukan bertahap dan dipastikan akan mulai berlaku esok hari.
Kemenhub menyusun tarif langsung berdasarkan zonasi:
- Zona I (Sumatera, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek): Rp 1.850-2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000
- Zona II (Jabodetabek): Rp 2.000-2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000-10.000
- Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya): Rp 2.100-2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000.
Dua aplikator besar mendukung kenaikan tarif ini. Senior VP Public Policy and Government Relations Gojek, Panji Ruky bahkan menyampaikan apresiasi atas penerapan ini.
"Kami senantiasa mendukung upaya pemerintah untuk mengedepankan layanan ojol, menyejeterahkan mitra pemgemudi, dan perbaiki layanan," ungkapnya.
Dia berharap ojol tetap menjadi prioritas perhatian pemerintah. Di sisi lain, dia memastikan tarif ojol tidak akan melanggar aturan yang telah ditetapkan.
Senada, Head of Strategy & Planning Public Affairs Grab Indonesia, Tirza R. Munusamy juga mendukung penerapan menyeluruh ini. Grab bahkan punya persiapan khusus untuk realisasi aturan.
"Disiapkan alogoritma juga supaya sesuai dengan KM 348/2019. Survey ke mitra pengemudi juga sangat positif, baik buat pendapatan mereka. Semoga bisa buat mitra pengemudi dan pengguna lebih sejahtera," tandasnya. (hps/hps)
Rifan Financindo - Trump Pastikan Negosiasi September Tetap Jalan
Rifan Financindo - Trump Pastikan Negosiasi September Tetap Jalan: Rifan Financindo - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meyakinkan bahwa pembicaraan perdagangan dengan Beijing masih sesuai rencana
Langganan:
Postingan (Atom)