Senin, 30 Maret 2020

Corona Menggila, Bursa Utama Asia Merah Semua

Corona Menggila, Bursa Utama Asia Merah Semua
Ilustrasi Bursa Saham Tokyo (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Asia lagi-lagi melemah pada perdagangan pagi ini. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah virus corona.

Pada Senin (30/3/2020) pukul 08:43 WIB, berikut perkembangan indeks saham utama Asia:

Investor di pasar saham Asia balik kanan karena cemas terhadap penyebaran virus corona yang semakin masif. Mengutip data satelit pemetaan ArcGis per pukul 07:22 WIB, jumlah pasien corona di seluruh dunia mencapai 721.584 orang. Dari jumlah tersebut, 33.958 orang tutup usia.

Untuk meredam penyebaran virus corona, sejumlah negara di Asia melakukan kebijakan karantina wilayah alias lockdown. Misalnya di India, yang melakukan lockdown total.

Seluruh penduduk India dilarang keluar rumah kecuali untuk hal-hal mendesak. Transportasi publik pun tidak beroperasi.

Kebijakan lockdown bertujuan untuk membatasi ruang gerak penyebaran virus dan menyelamatkan nyawa. Namun tidak bisa dipungkiri, laju perekonomian menjadi melambat signifikan.

"Kami masih memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada semester I-2020 di teritori negatif seiring dampak ekonomi dari virus corona yang semakin parah dan meluas. Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada semester I-2020 sebesar -10,5%," kata Bruce Kasman, Ekonom JPMorgan, sebagaimana diberitakan Reuters.

Sebelumnya, Economist Intelligence Unit (IEU) memperkirakan pertumbuhan ekonomi negara-negara G20 pada 2020 adalah -2,2%. Jauh memburuk ketimbang proyeksi sebelumnya yakni 2,3%.

Berbagai proyeksi menyeramkan itu gara-gara penyebaran virus corona yang semakin masif. Akibatnya, investor belum berani untuk bermain agresif sehingga aset-aset berisiko di pasar saham Asia sepi peminat.
TIM RISET CNBC INDONESIA (aji/aji)
Sumber : CNBC
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar