Rabu, 16 Januari 2019

Hantu Brexit Jadikan Rupiah Terlemah di Asia | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan pasar spot pagi ini. Sikap investor yang sepertinya bermain aman membuat rupiah dan mayoritas mata uang Asia tertekan.

Pada Rabu (16/1/2019), US$ 1 kala pembukaan pasar spot dibanderol Rp 14.105. Rupiah melemah 0,14% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya dan dolar AS kembali ke kisaran Rp 14.100.

Seiring perjalanan pasar, rupiah malah tambah melemah. Pada pukul 08:15 WIB, US$ 1 berada di Rp 14.130 di mana rupiah melemah 0,32%.

Kemarin, rupiah masih menguat dan bahkan menjadi mata uang terbaik di Asia. Namun pagi ini, nasib rupiah berbalik 180 derajat.

Depresiasi 0,32% membuat rupiah menempati dasar klasemen mata uang Asia. Tidak ada mata uang Benua Kuning yang melemah lebih dalam ketimbang rupiah.

Sepertinya rupiah menganut prinsip do or die. Sebab perubahan posisi rupiah sangat ekstrem, kalau tidak jadi yang terkuat ya jadi yang terlemah di Asia. Tidak ada tengah-tengah. (aji/aji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar