Kamis, 24 Januari 2019

Yen Jepang Menguat, Tapi Tren Pendek Masih Melemah | PT Rifan Financindo

Yen Jepang Menguat, Tapi Tren Pendek Masih Melemah
Foto: Mata Uang Yen Jepang (REUTERS/Thomas White)
PT Rifan Financindo - Mata uang yen Jepang (JPY) mulai pulih dari tekanan terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Mata uang negeri sakura sempat tertekan lantaran data neraca perdagangan yang baru diumumkan menurut sebagian pengamat hasilnya di bawah ekspektasi.

Seperti dilansir Refinitiv data ekspor Jepang periode Desember 2018 diumumkan minus 3,8% YoY, lebih rendah dari konsensus yang dihimpun Refinitiv tersebut yang memperkirakan koreksi hanya sebesar 1,9% YoY.

Sementara impor hanya meningkat 1,9% selama tahun berjalan (YOY), jauh di bawah konsensus yang sebesar 3,7% YoY.

Secara teknikal, dalam jangka pendek yen Jepang masih memiliki kecenderungan melemah. Hal ini digambarkan dalam indikator teknikal rerata pergerakan konvergen dan divergen (moving average convergence divergence/ MACD), yang pada posisi death cross.

Namun demikian, tanda-tanda yen Jepang berbalik menguat mulai terlihat. Hal ini terlihat dari posisi lawannya yaitu dolar AS yang bergerak di bawah rata-rata nilainya selama lima hari (moving average/MA5) terhadap yen.
Yen Jepang Bangkit, Tanda-Tanda Penguatan Di Depan Mata
Sumber: Refinitiv
Level penghalang penguatan yen Jepang (resistance) yang paling terdekat berpotensi berada di level 108,75.

Hingga pukul 10:25 WIB, yen Jepang mulai menipiskan pelemahan dengan hanya terkoreksi 0,07% ke level 109,51. Menguatnya yen tersebut seiring dengan Kementerian Keuangan China yang menegaskan komitmennya untuk menggelontorkan stimulus fiskal pada tahun ini, termasuk pemotongan tarif pajak.

Tahun lalu, China memberikan stimulus fiskal berupa pemotongan tarif pajak dan sebagainya senilai CNY 1,3 triliun. Untuk tahun ini, besaran stimulus diperkirakan mencapai CNY 2 triliun. Jepang juga dilaporkan akan memberikan stimulus fiskal namun angkanya belum diketahui.

Dolar AS juga mendapat tekanan dari penutupan sebagian (partial shutdown) pemerintahan AS yang sudah berlangsung selama tiga puluh dua hari.

Shutdown sedikit banyak mempengaruhi perekonomian AS secara keseluruhan. Ada sekitar 800.000 abdi negara yang belum menerima bayaran, dan kontrak-kontrak swasta dengan pemerintah pun tidak berjalan. Roda ekonomi tidak berputar sesuai dengan potensinya, ada yang menghambat.

TIM RISET CNBC INDONESIA (yam/hps)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar