Kamis, 30 Januari 2020

Suku Bunga The Fed Tetap, Namun Waspada Corona

Suku Bunga The Fed Tetap, Namun Waspada Corona
Foto: Gubernur bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve, Jerome Powell (AP Photo/Jacquelyn Martin)
Rifan Financindo - Bank sentral Amerika Serikat The Fed mempertahankan suku bunga acuannya pada Rabu (29/1/2020) waktu AS. Perekonomian negeri Paman Sam yang diperkirakan masih akan tumbuh meski pelan menjadi dasar acuannya.

Federal Open Market Committe (FOMC) tetap mematok suku bunga di rentang 1,5 hingga 1,75%. Sebelumnya, The Fed sudah menurunkan suku bunga tiga kali di tahun 2019 lalu.

Lembaga moneter AS itu mengatakan suku bunga berada pada level yang "tepat". Meski demikian The Fed menegaskan akan tetap memantau situasi yang berlangsung, baik di dalam maupun luar negeri.


Kekhawatiran akan resesi yang merebak di 2019 lalu sepertinya telah memudar. Kesepakatan perdagangan AS dan China yang bersifat parsial awal Januari ini juga meredakan kecemasan pasar.

Belum lagi, pada September 2019, The Fed telah membeli sejumlah Treasury Bills, yang menurut sebagian orang telah menopang pasar saham. Wall Street, indeks S&P misalnya, bahkan naik 10% sejak The Fed membuat pengumuman akan membeli lebih banyak surat utang jangka pendek negara itu.

"Ekonomi pada tingkat moderat dan pasar kerja tetap kuat," ujar The Fed. Meski demikian pengeluaran rumah tangga kini lebih moderat, dari sebelumnya yang digambarkan The Fed kuat.

Sementara itu, wabah virus corona, yang mirip dengan SARS di China membuat The Fed sedikit khawatir. Bahkan wabah mematikan ini juga menimbulkan pertanyaan, soal prospek ekonomi global ke depan.

"Ketidakpastian tentang prospek tetap ada, termasuk ditimbulkan oleh virus corona baru," kata Ketua The Fed Jerome Powell sebagaimana dikutip dari AFP. (sef/sef)
Sumber : CNBC
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar