Rabu, 19 Februari 2020

Dolar AS Unjuk Gigi, Rupiah Melemah Lagi

Ilustrasi Rupiah (REUTERS/Willy Kurniawan)

Rifan Financindo - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah kompak melemah bersama mayoritas mata uang utama Asia lainnya.

Pada Rabu (19/2/2020), US$ 1 setara dengan Rp 13.690 kala pembukaan pasar spot. Rupiah melemah 0,22% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kemarin, rupiah menutup perdagangan pasar spot dengan pelemahan 0,07% di hadapan dolar AS. Sepertinya derita rupiah belum akan berakhir hari ini.

Sebab, gerak rupiah searah dengan mata uang utama Asia lainnya. Sejauh ini hanya peso Filipina yang mampu menguat, sisanya tidak selamat.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning pada pukul 08:17 WIB:

Dolar AS Terlalu Kuat
Apa boleh buat, dolar AS memang terlalu kuat. Tidak hanya di Asia, mata uang Negeri Adidaya sedang digdaya di level global.

Pada pukul 08:22 WIB, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) naik 0,02%. Dalam sebulan terakhir, indeks ini sudah menguat 1,85%. Secara year-to-date penguatannya lebih sangar lagi yaitu 3,14%.

Keperkasaan dolar AS disebabkan oleh rilis data teranyar di Jerman. Pada Februari, pembacaan awal sentimen investor berada di angka 8,7. Turun jauh dibandingkan Januari yang mencapai 26,7.

Penyebabnya apa lagi kalau bukan penyebaran virus Corona. Mengutip data satelit pemetaan ArcGis per pukul 08:13 WIB, jumlah kasus Corona di seluruh dunia mencapai 75.188. Korban jiwa kian bertambah dan sudah menembus 2.000, tepatnya 2.008.

"Ketakutan terhadap dampak negatif dari penyebaran virus Corona di China dan seluruh dunia menyebabkan penurunan yang tajam dari sentimen investor. Ada ekspektasi kinerja sektor-sektor yang berorientasi ekspor akan menurun drastis," kata Achim Wambach, Presiden ZEW, seperti dikutip dari siaran tertulis.

Kekhawatiran bahwa virus Corona akan menggerogoti rantai pasok dunia memang semakin tinggi. Namun, investor meyakini bahwa perekonomian AS akan cukup kuat untuk menahan dampak negatif penyebaran virus tersebut.

"Hanya ketika virus sudah mati semua atau dampak dari stimulus di berbagai belahan dunia mulai terasa, kita baru bisa melihat pelemahan dolar AS," ujar Brad Bechtel, Direktur Pelaksana Jeffries yang berbasis di New York, seperti diberitakan Reuters.(aji/aji)
Sumber : CNBC
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar