Rabu, 26 April 2017

Pemilu Prancis, Investor Perlu Waspadai Capital Outflow di Pasar Saham | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - PALEMBANG – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir – akhir ini mengalami laju yang cukup signifikan. Kendati demikian, investor perlu mewaspadai sentimen global terkait Pemilihan Umum (Pemilu) Prancis. 

Analis Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih menjelaskan, dengan kenaikan IHSG yang cukup tinggi ini, maka berpotensi mendorong terjadinya capital outflow.

“Tentu harus waspada munculnya sentimen negatif yang bisa akibatkan dana asing ke luar dari pasar modal Indonesia. Di antaranya semakin mahalnya bursa kita, terutama mendekati level 6.000, yang merupakan target secara fundamental (based on For Year 2016) dan secara teknikal,” terang saat dihubungi Okezone.
 
Menurut Muhammad, investor global masih tertarik dengan aset berisiko sehingga mereka masuk ke bursa saham. Bahkan, para investor mengurangi portofolio pada safe haven aset seperti emas. 

“Di antara bursa- bursa, maka bursa di negara berkembang lebih berisiko dari bursa negara maju, sehingga diduga dana asing masih akan ke bursa negara berkembang termasuk Indonesia,” tambah dia. 

Sekadar informasi, pada perdagangan kemarin Pasar saham Indonesia belum mampu untuk mencatatkan rekor barunya. Meskipun sempat mencapai 5.696, namun IHSG ditutup hanya mampu naik 16 poin atau 0,29% ke 5.680. 

(mrt)
Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar