Senin, 01 Oktober 2018

Dolar AS Pagi Ini Masih di Rp 14.910 | PT Rifan Financindo

Foto: Pradita Utama

Jakarta - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini kembali menguat dibandingkan dengan kemarin. Dolar kembali bergerak ke Rp 14.910.

Mengutip data perdagangan Reuters, Senin (1/10/2018), pagi ini dolar AS tercatat berada di level 14.910. Level yang sama dengan Jumat pagi pekan lalu.

Dolar AS sempat bergerak ke level tertinggi di 14.911 dan terendah di Rp 14.879.

Rupiah secara rata-rata melemah sebesar 1,05% pada Agustus 2018. Tekanan terhadap nilai tukar Rupiah relatif terbatas pada September 2018 sehingga pada 26 September 2018 ditutup pada level Rp 14.905 per dolar AS.

Untuk memperkuat stabilitas Rupiah, kenaikan suku bunga tersebut juga didukung oleh kebijakan untuk memberlakukan transaksi Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF) dalam rangka mempercepat pendalaman pasar valas serta memberikan alternatif instrumen lindung nilai bagi bank dan korporasi.

Transaksi DNDF adalah transaksi forward yang penyelesaian transaksinya dilakukan secara netting dalam mata uang Rupiah di pasar valas domestik.
 
Kurs acuan yang digunakan adalah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) untuk mata uang dolar AS terhadap Rupiah dan kurs tengah transaksi Bank Indonesia untuk mata uang non-dolar AS terhadap Rupiah.

Transaksi DNDF dapat dilakukan oleh Bank dengan nasabah dan pihak asing untuk lindung nilai atas risiko nilai tukar Rupiah, dan wajib didukung oleh underlying transaksi berupa perdagangan barang dan jasa, investasi dan pemberian kredit Bank dalam valas (zlf/zlf)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar