Jumat, 15 Maret 2019

Tunggu Keputusan Bank Sentral Jepang, Bursa Tokyo Menguat | Rifan Financindo

Tunggu Keputusan Bank Sentral Jepang, Bursa Tokyo Menguat
Foto: Bursa Tokyo ((AP Photo/Koji Sasahara))
Rifan Financindo - Bursa saham Tokyo berada di teritori positif pada pembukaan perdagangan Jumat (15/3/2019). Salah satu faktor utama di balik hal itu adalah investor menanti keputusan Dewan Gubernur Bank Sentral Jepang yang akan disampaikan pada hari ini.

Dilansir AFP, indeks Nikkei 225 naik 0,62% atau 130,98 poin ke level 21.418. Kemudian indeks Topix menguat 0,55% atau 8,80 poin ke level 1.597,09.

"Investor sedang menunggu keputusan terkait kebijakan moneter Bank Sentral Jepang karena ada pandangan bahwa Bank Sentral Jepang dapat merivisi turun penilaian terhadap perekonomian meskipun kebijakan moneter itu sendiri diharapkan tidak berubah," ujar analis senior di Monex Toshiyuki Kanayama.

Wall Street kemarin ditutup variatif. Tapi investor masih mencemaskan negosiasi dagang AS-China maupun dinamika Brexit. Dalam keterangan pers, kemarin, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa negosiasi dagang antara kedua negara akan tuntas dalam empat pekan. Ia mengaku optimis kesepakatan itu dapat tercapai.

"Kami melakukan pembicaraan yang sangat baik dengan China," ujar Trump.

Tunggu Keputusan Bank Sentral Jepang, Bursa Tokyo Menguat
Foto: Aides memberi isyarat ketika Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, Wakil Perdana Menteri China dan perunding perdagangan Liu He, dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin berbaris untuk foto sebelum sesi pembukaan perundingan perdagangan di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, Kamis, (14/2/2019). (Mark Schiefelbein / Pool via REUTERS)

Di bursa Tokyo, saham Toyota naik 1,02% setelah mengumumkan rencana meningkatkan investasi menjadi US$ 13 miliar (naik US$ 3 miliar) selama lima tahun untuk meningkatkan produksi di berbagai negara. Pesaingnya, yaitu Honda, mencatat kenaikan saham 1,29%. Sementara Nissan naik 1,05%.(miq/miq)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar