Kamis, 22 Agustus 2019

PT Rifan Financindo - Trump Kembali Serang The Fed, Ungkap Bunga 0% di Jerman

Trump Kembali Serang The Fed, Ungkap Bunga 0% di Jerman
Foto: Infografis/Happy Birthday Donald Trump, Ini Kekayaan Presiden As ke 45/Arie Pratama
PT Rifan Financindo - Serial tweet Presiden Amerika Serikat Donald Trump terus berlanjut. Kali ini, Trump kembali menyerang The Federal Reserves (Fed).

Dalam cuitannya, Trump dengan menggunakan huruf kapital menuliskan "KEMANA FEDERAL RESERVE?". Sepertinya Trump ingin mendesak lembaga yang dipimpin Jerome Powell tersebut untuk segera memangkas suku bunga.

"Jerman saat ini menerapkan suku bunga nol, dan bahkan mungkin orang diberi uang saat meminjam uang. Sementara AS, yang kondisinya lebih kuat, masih membayar bunga. Hentikan pengetatan (moneter). Dolar AS menjadi sangat kuat, sulit untuk mengekspor. Padahal tidak ada inflasi!," tulisnya Rabu (21/8/2019).

Sebelumnya di awal pekan Trump meminta Fed memangkas suku bunga hingga 100%. Namun berdasarkan data, sebenarnya suku bunga Jerman berada di kisaran 2%. Meski demikian suku bunga Bank Sentral Eropa yang berada di kisaran -0,4%.

Pada Rabu, Fed kembali melakukan pertemuan untuk membahas soal stimulus untuk perekonomian AS. Perpecahan terjadi diantara pejabat bank sentral meski Powell menginginkan penurunan suku bunga satu tingkat dari bulan lalu.

Konsesus menunjukan komite bank sentral terbagi dalam dua pandangan. Beberapa orang menginginkan penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps). Tapi beberapa pejabat lain menginginkan suku bunga tetap. (sef/sef)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar