PT Rifan Financindo - PALEMBANG - TUGAS dari atasan
atau pimpinan sebuah perusahaan tentunya untuk memimpin perusahana
tersebut agar tetap dapat berjalan sebagaimana tujuannya. Namun dilain
itu, terdapat tugas penting seorang atasan yang perlu ketahui.
Seorang pemimpin atau atasan tentunya memiliki kewajiban untuk
memotivasi karyawan-karyawannya. Terkadang ada beberapa kondisi yang
menyebabkan tingkat kinerja karyawan menjadi menurun. Tentunya hal ini
dapat mempengaruhi efektivitas perusahaan. Sehingga fungsi dari atasan
disini harus mampu memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja nya.
Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu agar dapat memotivasi
karyawan-karyawan anda.
1. Mendengarkan dan menghargai ide-ide karyawan
Cara terbaik untuk memotivasi karyawan adalah menjadi atasan yang
mau mendengarkan dan menghargai pendapat atau ide dari karyawan.
Tentunya setiap orang ingin pendapatnya didengarkan, tidak terkecuali
karyawan. Cobalah untuk menyisihkan waktu untuk mendengarkan segala
pendapat dari karyawan tanpa terkecuali, hal ini dapat membuat anda
menjadi pemimpin yang bijaksana dan berwibawa.
Perusahaan dapat dikatakan menjadi perusahaan yang baik apaabila
memberi kesempatan bagi karyawan-karyawannya untuk mengembangkan ide-ide
yang mereka miliki. Sehingga sebisa mungkin harga setiap ide-ide baru
yang diberikan oleh karyawan-karyawan anda.
2. Apresiasi sekecil apapun kinerja yang dihasilkan
Sebagai pemimpin sudah semestinya anda memperhatikan peningkatan
kerja dari setiap karyawan anda, baik dalam skala besar maupun kecil
sekalipun akan lebih baik sekalipun. Selama hal tersebut merupakan hal
yang positif, anda harus tetap mengapresiasinya. Pemberian penghargaan
seperti ini akan sangat penting bagi mereka sehingga dapat meningkatkan
motivasi mereka untuk bekerja lebih giat.
Sebagai atasan yang baik, jangan hanya menuntut karyawan untuk
selalu meningkatkan kualitas kerja saja namun juga perlu memberikan
evaluasi dari apa yang telah mereka kerjakan.
3. Jangan mengkritik atau mengkoreksi
Kritikan dan koreksi memang diperlukan agar membuat hasil
pekerjaan menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Namun akan lebih
baik jika sebagai atasan, anda menggunakan pendekatan secara tidak
langsung pada karyawan yang melakukan kesalahan. Hal ini ditujukan agar
karyawan bisa belajar dari kesalahan yang mereka buat. Sehingga anda
bisa terlibat dalam diskusi bersama karyawan untuk mencari solusi untuk
memperbaiki kesalahan yang ada.
4. Pelihara interaksi sosial yang baik
Komunikasi yang baik antara atasan dan karyawan dapat membuat
hubungan menjadi lebih baik. Ketika anda bersikap peduli terhadap
karyawan anda, maka secara tidak langsung akan membuat karyawan menjadi
segan terhadap anda.
Contoh sederhana yang bisa anda lakukan misalnya seperti
mengunjungi rumah-rumah karyawan. Kunjungan ini tidak hanya dapat di
gunakan untuk menjaga hubungan sosial yang baik dengan karyawan, namun
juga dapat membantu anda untuk mengetahui kondisi keluarga dari
karyawan. Menurut forbes.com, perilaku atasan yang baik dan positif
tentunya akan memberikan pengaruh yang positif pula pada bawahannya.
5. Lakukan Kegiatan Team Building
Sesekali lakukan kegiatan perusahaan diluar jam kantor dan di
luar perusahaan. Perusahaan bisa menyelenggarakan kegiatan team bulding
untuk semua karyawan-karyawan di kantor. Anda bisa mengisi kegiatan ini
dengan beragam game-game yang memicu kreativitas karyawan. Banyak
manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan seperti ini. Manfaat utamanya
tentunya dapat memicu daya kreativitas karyawan sehingga dapat bekerja
dan berpikir dengan lebih giat.
Kegiatan ini juga dapat meningkatkan team work antar karyawan
satu dengan lainnya. Selain itu, kegiatan seperti ini juga dapat
digunakan untuk merefreshkan diri sejenak dari penatnya pekerjaan yang
ada di kantor. Biasanya kegiatan seperti ini berbentuk outbound dan
sejenisnya.
6. Membuat suasana kerja yang positif dan menyenangkan
Cara lainnya yang bisa digunakan untuk memotivasi
karyawan-karyawan adalah dengan membuat lingkungan kerja senyaman
mungkin. Lingkungan kerja yang nyaman tentunya membuat karyawan menjadi
semangat untuk bekerja. Tentunya untuk membuat lingkungan kerja menjadi
positif, dapat dimulai dari pimpinannya. Anda sebagai atasan harus terus
memelihara pikiran-pikiran positif terlebih dahulu. Dengan karakter
positif tersebut tentunya anda bisa membuat suasana kerja menjadi
positif dan menyenangkan.
7. Memotivasi Karyawan Menjadi Kewajiban Bagi Pimpinan
Memotivasi karyawan dapat membuat kinerja mereka menjadi
meningkat. Hal ini tentunya membuat kinerja perusahaan ikut meningkat.
Selain itu, memotivasi karyawan juga membuat karyawan menjadi betah
berada di lingkungan kerja. Setiap pimpinan tentunya memiliki cara
tersendiri dalam memotivasi karyawannya, namun hal tersebut harus anda
lakukan secara konsisten agar mencapai hasil yang maksimal.
(dnb)
Sumber : Okezone