Jumat, 09 Desember 2016

2 Faktor Penyebab Harga BBM Akan Naik | Rifanfinancindo

Rifanfinancindo - PALEMBANG - Kenaikan harga minyak mentah karena terjadinya kesepakatan OPEC membuat Indonesia harus lebih berhati-hati. Pasalnya kenaikan minyak dunia akan memengaruhi harga minyak untuk konsumsi dalam negeri.
"Mungkin kita memang harus lebih hati-hati karena memang ketidakpastian global ini akan mendorong harga minyak (konsumsi dalam negeri) juga naik," kata Peneliti Indef Bhima Yudhistira Adhinegara kepada Okezone di Jakarta.

Selain pengaruh OPEC, menurut Bhima ada hal lainnya yang memengaruhi harga juga BBM dalam negeri di 2017 diperkirakan akan mengalami kenaikan.
"Ada dua faktor yang pertama memang faktor dari pasokan OPEC yang dipangkas, yang kedua faktornya adalah Trump. Jadi Trump nanti akan mendorong misalkan, pembangunan infrastruktur, ekonomi-ekonomi domestik digenjot di Amerika Serikat," ungkapnya.
Sehingga, kemungkinan Trump akan lebih banyak menggunakan pemakaian energi fosil. Hal itu nantinya diperkirakan akan memengaruhi tingkat permintaan akan minyak yang semakin tinggi.
"Yang jelas sekali lagi jangan sampai over dari asumsi APBN karena ini justru berbahaya untuk fiskal kita. Selain itu, untuk menekan kenaikan harga karena kita bukan rezim subsidi BBM lagi jadi satu-satunya cara memang harus melakukan semacam diversifikasi energi. Jadi diversifikasi energi agar kita tidak bergantung pada BBM," tambahnya. (dng)
(rhs)
Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar