Kamis, 31 Oktober 2019

Chile Batal Gelar APEC, Deal Perang Dagang AS-China Piye?

Foto: Infografis/ Kronologi perang dagang AS-China belum temukan titik terang/Aristya Rahadian Krisabella
PT Rifan Financindo - Rencana Presiden Donald Trump menandatangani dokumen pertama dari perjanjian dagang dengan Xi Jinping bulan depan menjadi pertanyaan. Kabarnya Chile membatalkan pertemuan puncak di mana kedua pemimpin telah merencanakan untuk bertemu.

Pembatalan itu, yang diumumkan pada Rabu pagi oleh Chile tampaknya membuat Gedung Putih lengah. Tetapi pemerintah bersikeras bahwa mereka akan terus berusaha untuk menyelesaikan perjanjian "tahap satu" dalam beberapa minggu mendatang.

Belum diketahui apakah pejabat Amerika akan dapat menemukan tempat pengganti untuk pertemuan dengan Xi. Penyelenggara KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) mengindikasikan mereka tidak memiliki rencana untuk mengadakan acara di tempat lain.

Lokasi Lainnya
Menurut beberapa sumber yang mengetahui persoalan AS-China, pihak KTT sedang mencari lokasi lain, dikarenakan adanya demonstrasi yang meningkat di Chile.

"Kami menantikan finalisasi Fase Satu dari kesepakatan perdagangan bersejarah dengan China dalam jangka waktu yang sama, dan ketika kami sudah selesai, kami akan memberi tahu anda," kata juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley dalam email, sebagaimana dilansir dari Bloomberg, Kamis (31/10/2019).

Kedutaan Besar China di Washington belum dapat menanggapi permintaan berkomentar terkait hal tersebut. Perwakilan perdagangan AS yang memimpin pembicaraan dengan China, Robert Lighthizer mengatakan "tidak ada komentar" ketika ditanya oleh wartawan bagaimana pembatalan akan mengubah rencana.

Prospek pertemuan Trump-Xi di Santiago bulan depan telah mendukung pasar, karena investor mencari tanda-tanda bahwa akhir dari perang perdagangan antara kedua negara sudah di depan mata. Indeks S&P 500 dari saham AS secara singkat jatuh ke sesi terendah setelah berita tentang pembatalan pertemuan beredar.

Tahap Satu
"Saya selalu memandang Chile sebagai lokasi di mana Trump dan Xi berada pada saat yang sama," kata Brendan McKenna, ahli strategi mata uang di Wells Fargo Securities di New York.

"Jika ada kesepakatan di mana kedua belah pihak bersedia untuk menandatangani, saya pikir mereka pasti menemukan cara untuk menyelesaikannya."

Para pejabat AS dan China telah bekerja selama berminggu-minggu untuk mengisi rincian dari kesepakatan "fase satu" yang diumumkan oleh Trump setelah pertemuan Oval Office 11 Oktober dengan negosiator China, Liu He.

Baru-baru ini kedua belah pihak mengatakan bahwa mereka sudah membuat kemajuan yang signifikan pada kesepakatan, yang akan membuat China melanjutkan pembelian produk pertanian AS dan membuat komitmen pada kekayaan intelektual dan mata uang, dengan imbalan komitmen dari Trump untuk tidak mengenakan tarif lebih lanjut pada barang-barang China.

Sementara itu merupakan rintangan baru bagi pemerintahan Trump dan China, penundaan paksa pertemuan antara para pemimpin memberi lebih banyak waktu bagi negosiator. Tetapi tenggat waktu yang bergeser juga dapat mengurangi tekanan di kedua belah pihak untuk memangkas kesepakatan awal dan beralih ke pembicaraan yang lebih komprehensif.

"Jika kedua belah pihak berniat untuk menyelesaikan kesepakatan fase-satu, pembatalan KTT itu hanya soal logistik," kata Jude Blanchette, seorang pakar China di Pusat Strategi dan Pembelajaran Internasional.

"Namun, jika satu atau kedua belah pihak tidak merasa mereka bisa mencapai kesepakatan pada pertengahan November ini, pembatalan KTT adalah alasan yang bagus untuk memiliki lebih banyak waktu."

Ketidakpastian
Risiko untuk bisnis dan pasar keuangan adalah bahwa pembatalan pertemuan APEC hanya akan menambah ketidakpastian yang telah mengurangi investasi dan pertumbuhan di seluruh dunia. Itu mungkin mendorong keinginan Trump untuk menandatangani perjanjian itu sendiri dan membuktikan kepada dunia yang skeptis dan pemilih di AS bahwa tarifnya telah membuahkan hasil jelang kampanye pemilihan ulangnya.

"Ini memungkinkan pembicaraan tingkat rendah akan terus berlanjut tanpa hasil nyata," kata Edward Alden, seorang rekan senior di Dewan Hubungan Luar Negeri.
Pemerintah AS biasanya akan membantu Chili menyelesaikan krisis politiknya sehingga pertemuan puncak itu dapat dilanjutkan, kata Alden.

"Tapi sebaliknya, Gedung Putih tidak hasir dalam permasalah pemakzulan dan krisis yang dibuatnya sendiri," katanya.

Trump telah berulang kali mengatakan bahwa ia optimistis kesepakatan perdagangan akan diselesaikan di KTT.

"Risiko di sini adalah bahwa jika pertemuan puncak sekarang ditunda, maka paling tidak menunjukkan bahwa ketidakpastian perang perdagangan mungkin akan menggantung kita lebih lama," kata Torsten Slok, kepala ekonom di Deutsche Bank AG, dalam sebuah wawancara di Bloomberg Television, Rabu.

"Ini menimbulkan risiko bahwa kita tidak pernah bisa melihat fase dua atau fase tiga, dan karena itu lah ketidakpastian tidak akan hilang."

Selain APEC, Chile juga batalkan United Nations climate change conference, yang dikenal sebagai COP25, yang dijadwalkan pada Desember di Santiago, kata Presiden Sebastian Pinera.

"Kami sangat memahami pentingnya APEC dan COP untuk Chile dan dunia, tetapi kami mendasarkan keputusan kami pada akal sehat," kata Pinera dari istana kepresidenan. "Seorang presiden harus menempatkan orang-orangnya di atas segalanya."

Keputusan untuk membatalkan pertemuan menyoroti kedalaman masalah yang dihadapi bangsa Amerika Latin yang telah menghadapi hampir dua minggu kerusuhan dan protes. Ini juga memalukan bagi pemerintah yang bersikeras akan melanjutkan konferensi.

Pinera mengatakan dia telah berbicara dengan presiden lain sebagai peringatan tentang pembatalan tersebut. (sef/sef)
Sumber : CNBC

Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar