Rabu, 22 Juli 2020

Dolar AS Sedang Dihajar Euro, Kesempatan Bagi Rupiah Melesat!

Ilustrasi Rupiah dan Dolar di Bank Mandiri
Foto: Ilustrasi Rupiah dan Dolar (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
PT RifanNilai tukar rupiah akhirnya menguat 0,2% melawan dolar Amerika Serikat (AS) ke Rp 14.680/US$ pada perdagangan Selasa kemarin setelah babak belur sejak pekan lalu.

Pada hari ini, Rabu (22/7/2020), rupiah berpeluang kembali menguat melihat dolar AS yang sedang nyungsep.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan mata uang Paman Sam terhadap 6 mata uang utama lainnya kemarin merosot hingga menyentuh level 3,5 bulan di 95,117.

Penyebab merosotnya indeks dolar yakni stimulus fiskal yang digelontorkan Eropa senilai 750 miliar guna membangkitkan perekonomian yang merosot ke jurang resesi akibat pandemi penyakit virus corona (Covid-19). Kebijakan tersebut menimbulkan harapan akan kebangkitan ekonomi Benua Biru dan membuat kurs euro melesat naik ke level tertinggi dalam 1,5 tahun terakhir.

Euro merupakan merupakan satu dari enam mata uang yang membentuk indeks dolar, bahkan kontribusinya paling besar yakni sebesar 57,6%. Sehingga ketika euro menguat tajam melawan dolar AS, indeks dolar akan merosot.

Indeks ini juga biasa dijadikan tolak ukur kekuatan dolar AS terhadap mata uang lainnya. Sehingga ketika indeks dolar merosot, rupiah berpeluang menguat.

Secara teknikal, rupiah mampu bertahan di bawah Rp 14.730/US$ yang merupakan Fibonnaci Retracement 61,8% kemarin. Sehingga peluang penguatan terbuka cukup lebar.

Level tersebut tetap menjadi kunci pergerakan di pekan ini. Selama tertahan di bawahnya, rupiah berpeluang kembali menguat.
idr 
Foto: Refinitiv
idr
Sementara itu indikator stochastic bergerak naik dan mulai masuk wilayah jenuh beli (overbought).

Stochastic merupakan leading indicator, atau indikator yang mengawali pergerakan harga. Ketika Stochastic mencapai wilayah overbought (di atas 80) atau oversold (di bawah 20), maka suatu harga suatu instrumen berpeluang berbalik arah. Artinya ketika USD/IDR mencapai overbought, rupiah punya peluang untuk berbalik menguat.

Target penguatan terdekat ke Rp 14.650/US$, jika mampu ditembus rupiah berpeluang menuju Rp 14.510/US$ di pekan ini.

Sementara itu jika menembus ke atas Rp 1.4.730/US$, rupiah berisiko melemah menuju Rp 15.090/US$ yang merupakan Fib. Retracement 50%.
TIM RISET CNBC INDONESIA (pap/hps)

Sumber : CBNC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

1 komentar:

  1. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata dan sah, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina elena roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 2 jam seperti yang dikatakan oleh perusahaan sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mendaftar dari karina roland dan beristirahatlah yakin bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1(585)708-3478 atau mengirim email ke karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia.

    BalasHapus