Jumat, 10 Juli 2020

Gegara Virus Corona Melayang di Udara, Yen Jadi Juara Asia

Mata Uang Yen. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon/Files)
Foto: Mata Uang Yen. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon/Files)
PT RifanNilai tukar yen Jepang menguat melawan rupiah dan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (10/7/2020) pagi. Virus corona yang kini dikatakan bisa menyebar lewat udara membuat sentimen pelaku pasar memburuk, dan yen menjadi diuntungkan.

Pada pukul 9:45 WIB, yen menguat 0,67% melawan rupiah di Rp 134,49/JPY di pasar spot, melansir data Refinitiv. Di saat yang sama, yen juga menguat 0,12% di 107,06/US$.

Virus corona selama ini dikatakan hanya ditularkan lewat air liur, sekresi dan tetesan dari penderita melalui batuk, bersin atau bicara atau permukaan yang terkontaminasi. Sehingga jaga jarak dan cuci tangan lebih ditekankan.

Tetapi pada Selasa lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengakui ada bukti penularan lewat udara, dalam ruang dengan ventilasi yang buruk. Namun menegaskan perlu ada riset lebih lanjut.

Dalam panduan transmisi terbarunya, WHO setuju bahwa beberapa laporan yang berkaitan dengan kondisi ramai di dalam ruangan memungkinkan adanya transmisi. Misalnya dalam ruangan di mana latihan paduan suara dilakukan, di restoran atau di kelas kebugaran.

Dengan adanya bukti penularan lewat udara, ada risiko jumlah kasus penyakit akibat virus corona (Covid-19) akan kembali menanjak. Hal tersebut membuat sentimen pelaku pasar memburuk, dan kembali mengalirkan investasinya ke aset aman (safe haven) seperti yen Jepang.

Dengan kondisi tersebut bisa ditebak, yen menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di Asia saat semua mata uang utama lainnya melemah.
Berikut pergerakan dolar AS melawan mata uang utama Asia hingga pukul 9:45 WIB.


Perubahan pandangan WHO terkait penyebaran virus corona didorong oleh ratusan ilmuwan yang mempublikasikan suatu artikel terkait potensi penularan Covid-19 melalui udara. Ada 237 ilmuwan multidisipliner yang berasal dari berbagai latar belakang mulai dari ilmuwan aerosol, dokter spesialis infeksi hingga epidemiologis.

Studi yang dilakukan oleh banyak ilmuwan menunjukkan bahwa virus dapat dilepaskan ketika seseorang yang terinfeksi bernapas, berbicara, bersin hingga terbatuk.

Penyebaran Covid-19 melalui udara memang sudah dikonfirmasi, tetapi WHO mengatakan lebih banyak penelitian harus dibuat. "Sangat dibutuhkan untuk menyelidiki kejadian seperti itu dan menilai signifikansi mereka untuk transmisi Covid-19," kata lembaga itu dikutip Reuters.
TIM RISET CNBC INDONESIA (pap/pap)
Sumber : CBNC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar