Selasa, 07 Juli 2020

Sudah Ambles 4% dalam Sebulan, Saatnya Rupiah Balas Dendam!

Ilustrasi Rupiah dan dolar (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Ilustrasi Rupiah dan Dolar AS (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Rifan Financindo - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di perdagangan pasar spot pagi ini. Berbagai sentimen positif berhasil mendongrak minat pelaku pasar untuk masuk ke aset-aset berisiko.

Pada Selasa (7/7/2020), US$ 1 setara dengan Rp 14.400 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,28% dibandingkan posisi sehari sebelumnya.

Kemarin, rupiah berhasil menutup perdagangan pasar spot dengan apresiasi tipis 0,07% di hadapan dolar AS. Padahal rupiah lebih banyak menghabiskan waktu di zona merah.

Hari ini, sepertinya rupiah bakal nyaman dan tanpa hambatan untuk menapaki jalur hijau. Dari sisi domestik, rupiah memang sudah terlalu 'murah' karena tren depresiasi akhir-akhir ini. Selama sebulan terakhir, mata uang Tanah Air sudah ambles 4,26%.


Oleh karena itu, akan datang saatnya di mana rupiah mengalami technical rebound. Rupiah yang sudah 'murah' tentu kembali menarik minat investor.

Sementara dari sisi eksternal, investor global memang tengah bergairah. Ini terbukti dari penguatan tajam di bursa saham New York. Dini hari tadi waktu Indonesia, indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) melesat 1,78%, S&P 500 menanjak 1,59%, dan Nasdaq Composite melejit 2,21%.

Data ekonomi terbaru di sejumlah negara memberi harapan akan kebangkitan selepas hantama keras pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Di Zona Euro, penjualan ritel pada Mei 2020 meroket 17,8% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/MtM). Dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY) memang masih turun 5,1%, tetapi jauh lebih landai dibandingkan bulan sebelumnya yang anjlok 19,6%.

Di AS, angka Purchasing Managers' Index (PMI) sektor jasa periode Juni 2020 versi IHS Markit berada di 47,9. Masih di bawah 50, yang menandakan pelaku usaha belum melakukan ekspansi, tetapi jauh membaik ketimbang bulan sebelumnya yang sebesar 37,5.

Namun PMI jasa versi Institute for Supply Management pada Juni 2020 berada di 57,1, naik tajam dibandingkan bulan sebelumnya yakni 45,4. Angka 57,1 adalah yang tertinggi sejak Februari, artinya hampir menyamai level sebelum pandemi.

Di Jepang, cadangan devisa periode akhir Juni 2020 berada di US$ 1.383,2 miliar. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yaitu US$ 1.378,2 miliar.

"Angka-angka ini sangat penting, membantu meningkatkan kepercayaan konsumen," ujar Quincy Krosby, Chief Market Strategist di Prudential Financial yang berbasis di New Jersey, seperti dikutip dari Reuters.
TIM RISET CNBC INDONESIA (aji/aji)
Sumber : CBNC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar