Jumat, 17 Juli 2020

Pengusaha: Ekonomi Indonesia Ada Kesamaan dengan China

Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping di G20 (Biro Pers Kesekretariat Presiden/Laily Rachev)
Foto: Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping di G20 (Biro Pers Kesekretariat Presiden/Laily Rachev)
Rifan Financindo - Kalangan pelaku usaha menilai Indonesia bisa lebih aman dan terhindar dari resesi dibanding negara lainnya. Karena memiliki pasar yang kuat.

Modal itu bisa dijadikan pijakan agar ekonomi bisa tetap tumbuh di tengah kesulitan. Terutama dengan mengandalkan segmentasi dalam negeri.

"Kita ngga bisa bandingkan Indonesia dan Singapura karena Singapura negara kecil. Bergantung industri jasa dan perdagangan utamanya," kata Chairman GarudaFood Sudhamek kepada CNBC Indonesia, Kamis (16/7/2020).

"Sedangkan kita market besar dan utamanya lagi Indonesia adalah domestic based economy. Indonesia punya kekuatan sendiri untuk bangkit, ini yang harus diyakini pemerintah."

Apalagi, Indonesia bisa belajar dari negara lain yang juga memiliki karakter sama. Misalnya negara dari segi pasar jumlah penduduk.

"China juga saya liat mereka di drive oleh ekonomi dalam negeri, tetap ada harapan. Memang jika Agustus mulai re-open itu dalam arti kegiatannya. Ekonomi ngga serta merta langsung kembali normal," jelasnya.

Meski demikian, sektor yang selama ini sudah diandalkan yakni konsumsi sudah tidak bisa lagi menjadi andalan utama. Daya beli masyarakat sudah menurun.

Ia berujar satu-satunya faktor yang bisa menjadi penggerak adalah kekuatan dana dari pemerintah. Apalagi "business as usual" tak bisa dilakukan sekarang.

"Mau industri apapun, golden rules-nya katakan cash is king sangat relevan berlaku, sehingga harus kelola cashflow dengan sebaik-baiknya. Dalam situasi ngga normal seperti ini, kita ga bisa bekerja business as usual. Tiap pemain harus, kerahkan kemampuan kreativitas dan inovasi agar sikapi situasi ngga normal dengan cara baru," kata anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu. (sef/sef)

Sumber : CBNC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar