Jumat, 23 Februari 2018

Pertamina EP Diajukan Kelola Lapangan Sukowati | Rifan Financindo Palembang

Rifan Financindo - Palembang – PT Pertamina (Persero) mendukung pengajuan PT Pertamina EP untuk mengelola lapangan Sukowati di Wilayah Kerja Tuban setelah kontrak Joint Operating Body (JOB) Pertamina Hulu Energi-Petrochina East Java (PPEJ) di WK Tuban berakhir pada 28 Februari 2018.
Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan, dukungan tersebut didasarkan karena pelemparan atau proses penyebaran reservoir lapangan Sukowati berada 80% di wilayah kerja Pertamina EP dan 20% di Blok Tuban.

”Mengingat kontrak akan berakhir 28 Februari 2018, Pertamina EP mengajukan permohonan untuk menjadi operator unitisasi di Lapangan Sukowati. Bukan untuk mengelola Blok Tuban,” kata Syamsu Alam dalam keterangannya di Jakarta kemarin. 

Saat ini Blok Tuban dikelola JOB Pertamina Hulu Energi- PetroChina East Java (PPEJ). Di Blok Tuban, PHE menguasai 75% hak partisipasi, yaitu PHE East Tuban 50% dan 25% melalui PHE Tuban.

Sementara 25% sisanya dimiliki Petrochina International Jaba Ltd. JOB PPEJ juga mengelola unitisasi Lapangan Sukowati yang 80% dimiliki Pertamina EP dan 20% dikuasai JOB PPEJ. Dari total produksi, JOBPPEJ yang mencapai 9.000- 10.000 bph sebesar 80% berasal dari Lapangan Sukowati. 

Pengamat migas dari Universitas Trisakti Jakarta Pri Agung Rakhmanto mengatakan, sebenarnya tidak logis untuk tidak segera memutuskan dan menyerahkan pengelolaan WK Tuban kepada Pertamina, apalagi sudah right to match. 

Dasar hukumnya adalah Peraturan Menteri ESDM Nomor15 Tahun 2015 yang menegaskan ada keistimewaan untuk Pertamina. ”Dalam hal kepemilikan hak partisipasi, Pertamina juga mayoritas, sedangkan Petro China minoritas,” ujar Pri Agung. (Yanto Kusdiantono)
(dni)

Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar