Rabu, 25 September 2019

PT Rifan Financindo - Ekonomi AS Makin Gelap, Kepercayaan Konsumen AS Jeblok

Ekonomi AS Makin Gelap, Kepercayaan Konsumen AS Jeblok
Foto: Pendukung Donald Trump (REUTERS/Randall Hill)
PT Rifan Financindo - Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Amerika Serikat turun tajam dalam sembilan bulan di September 2019, jauh di bawah ekspektasi. Pandangan akan perlambatan ekonomi karena perang dagang AS-China menyebabkan ini terjadi.

The Conference Board, sebuah kelompok industri, mengatakan IKK turun menjadi 125.1 dari bulan sebelumnya 134,2. Meski demikian IKK masih masuk dalam kategori optimis karena di atas 100.

"Meningkatnya ketegangan perdagangan dan tarif di akhir Agustus tampaknya mengguncang konsumen," ujar Direktur Senior Indikator Ekonomi di lembaga tersebut, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (25/9/2019).

Dalam surveinya Reuters memperkirakan IKK di September akan ada di 133,5. Penurunan IKK ini merupakan yang terburuk sejak 2010.

Selain itu, Indeks Ekspektasi Konsumer (IEK) turun menjadi 95,8 di September ini, dari bulan sebelumnya 106,4. IEK berdasar pada prospek jangka pendek konsumen untuk kondisi pendapatan, bisnis dan pasar tenaga kerja. (sef/sef)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar