Selasa, 17 September 2019

PT Rifan Financindo - Timur Tengah Panas, Data China Lemas, Emas Jadi Beringas!

Ilustrasi Emas Batangan (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
PT Rifan Financindo - Harga emas dunia melanjutkan kenaikan di perdagangan pasar spot hari ini. Harga sang logam mulia bertahan di kisaran US$ 1.500/troy ons.

Pada Selasa (17/9/2019) pukul 06:41 WIB, harga emas berada di US$ 1.500,99/troy ons. Naik 0,64% dibandingkan posisi hari sebelumnya.


Sentimen eksternal masih gaduh sehingga membuat investor mencari perlindungan di aset aman seperti emas. Dari Timur Tengah, tensi belum reda karena semakin banyak pihak yang menuding Iran sebagai pelaku serangan ke ladang minyak milik Saudi Aramco (raksasa migas asal Arab Saudi).

Kolonel Turki Al Malki, Juru Bicara Koalisi Militer, bukti permulaan mulai mengarah bahwa serangan bukan berasal Yaman. Belum diketahui dari mana misil jelajah (cruise missile) ditembakkan tetapi mulai terang bahwa senjata tersebut milik Iran.

"Hasil temuan sementara menunjukkan bahwa senjata itu milik Iran, dan kami sedang mengidentifikasi dari mana lokasi peluncurannya. Serangan teroris ini tidak berasal dari Yaman, seperti yang diklaim milisi Houthi," ungkap Al Malki, seperti dikutip dari Reuters.

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Kelly Craft mempertegas hal tersebut. "Ada indikasi Iran yang bertanggung jawab," ujarnya, seperti diwartakan Reuters.

AS pun bersiap untuk segala kemungkinan. Kemarin, Presiden AS Donald Trump menegaskan bahwa Negeri Adidaya sudah mengisi dan mengokang senjata.

Iran yang tidak terima dengan tuduhan tersebut ikut panas. Teheran menyatakan bahwa misil mereka bisa menjangkau pangkalan militer AS yang berjarak lebih dari 2.000 km.

Situasi Timur Tengah yang memanas dan api perang bisa tersulut kapan saja membuat investor cemas. Ini membuat pelaku pasar memilih mengamankan diri di aset aman, salah satunya emas. Permintaan meningkat, harga emas pun terangkat. (aji/aji)
Sumber : CNBC

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
Rifanfinancindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar