Kamis, 06 Agustus 2020

Aduh, Rupiah! Ngapain Pake Kepleset Segala Sih...

FILE PHOTO: An Indonesia Rupiah note is seen in this picture illustration June 2, 2017. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo
Ilustrasi Rupiah (REUTERS/Thomas White)

Rifan Financindo - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Namun rupiah terpeleset di perdagangan pasar spot.

Pada Kamis (6/8/2020), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.587. Rupiah menguat 0,25% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Akan tetapi, mata uang Tanah Air melemah di 'arena' pasar spot. Pada pukul 10:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.580 di mana rupiah melemah 0,41%.

Tidak seperti rupiah, berbagai mata uang Asia menguat di hadapan dolar AS. Plus, rupiah kini jadi mata uang terlemah di Asia.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning di perdagangan pasar spot pada pukul 10:09 WIB:

Hawa Kebangkitan Ekonomi Kian Terasa
Investor sedang berani mengambil risiko, ogah bermain aman. Ini karena data ekonomi di berbagai negara menunjukkan bahwa sepertinya dampak buruk dari pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) sudah berlalu, puncaknya ada di kuartal II-2020. Selepas kuartal II-2020, pemulihan ekonomi dunia semakin nyata.

Aktivitas manufaktur di berbagai negara menunjukkan perbaikan pada Juli 2020. Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur di negara-negara Asia seperti Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Thailand, China, sampai Taiwan mengalami peningkatan pada Juli 2020 dibandingkan sebulan sebelumnya. Bahkan di China, Taiwan, Malaysia, dan Vietnam, skor PMI sudah di atas 50 yang menandakan industriawan mulai melakukan ekspansi.


Sementara di AS, PMI sektor jada pada Juli 2020 berada di 58,1. Ini menjadi rekor tertinggi sejak Maret tahun lalu.

Kinerja perdagangan internasional AS juga ciamik. Pada Juni 2020, ekspor tumbuh 9,4% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/MtM) dan impor naik 4,7% MtM. Ini membuat neraca perdagangan AS defisit US$50,69 miliar, lebih sedikit dibandingkan Mei 2020 yang minus US$ 54,8 miliar.

Kemudian di Eropa, PMI manufaktur Zona Euro pada Juli 2020 tercatat 51,8. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 47,4 dan untuk kali pertama berhasil menembus level 50 sejak Februari 2019.

"Jelas bahwa berbagai data ini mendongrak risk appetite investor global. Ini membebani langkah dolar AS dibandingkan mata uang lain," kata Karl Schamotta, Chief Market Strategist di Cambridge Global Payments yang berbasis di Toronto, seperti dikutip dari Reuetrs.

So, mengapa rupiah lesu? Kemungkinan investor sedang mengambil untung (profit taking) dari rupiah yang cenderung menguat akhir-akhir ini.

Sejak pekan ketiga Juli, rupiah menguat nyaris 1% di hadapan dolar AS. Bahkan ada masa di mana rupiah menguat tujuh hari beruntun.

Oleh karena itu, keuntungan yang dapat dari 'beternak' rupiah sudah lumayan tinggi. Ini menggoda pelaku pasar untuk melepas mata uang Ibu Pertiwi sehingga rupiah terperosok ke zona merah.
TIM RISET CNBC INDONESIA (aji/aji) 

Sumber : CNBC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar