Kamis, 15 Oktober 2020

Biar Cuma Menguat Tipis, Rupiah Runner-Up Asia Lho!

Indonesian rupiah banknotes are counted at a money changers in Jakarta, Indonesia April 25, 2018. REUTERS/Willy Kurniawan
Ilustrasi Rupiah (REUTERS/Willy Kurniawan)

 

Rifan Financindo - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah juga masih menghijau di perdagangan pasar spot.

Hari ini, Kamis (15/10/2020), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.760. Rupiah menguat 0,14% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Mata uang Tanah Air juga menguat di 'arena' pasar spot. Pada pukul 10:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.670 di mana rupiah menguat 0,07%.

Sementara mata uang Asia lainnya bergerak variatif di hadapan dolar AS. Pelemahan maupun penguatan mata uang Benua Kuning juga tipis-tipis saja, sama seperti rupiah.

Walau penguatan rupiah terbatas, tetapi masih bisa menjadi mata uang terbaik di Asia. Hanya kalah dari won Korea Selatan.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Asia di perdagangan pasar spot pada pukul 10:04 WIB:

Penguatan rupiah terbatas karena investor masih menunggu rilis data perdagangan internasional yang akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada pukul 11:00 nanti. Konsensus yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan pada September 2020, ekspor terkontraksi atau tumbuh negatif nyaris 8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY).

Sementara impor diperkirakan ambles 25,15% YoY. Ini membuat neraca perdagangan surplus US$ 2,06 miliar.

Jika sesuai dengan ekspektasi, maka surplus perdagangan sepanjang kuartal III-2020 tidak main-main. Angkanya mencapai lebih dari US$ 7 miliar.

Tingginya surplus neraca perdagangan membuat transaksi berjalan Indonesia kemungkinan bisa surplus pada kuartal III-2020. Kalau terwujud, maka akan menjadi surplus pertama sejak 2011. (aji/aji)

Sumber : CNBC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar