Selasa, 20 Oktober 2020

Harga Emas Antam 2 Hari Flat Rp 1 Juta, Ada Apa Ini Pemirsa?

Ilustrasi emas (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Foto: Ilustrasi emas (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

 

PT RifanHarga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, stagnan pada perdagangan Selasa (20/10/2020).

Hal yang sama juga terjadi Senin kemarin. Harga emas dunia yang bergerak votatil sementara rupiah yang stabil membuat emas Antam stagnan 2 hari terakhir.

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, emas batangan satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.008.000/batang, sama dengan harga Senin kemarin, juga Sabtu pekan lalu. Sementara satuan 100 gram, juga mager di Rp 95.012.000/batang atau Rp 950.120/gram.

Nilai tukar rupiah kemarin berakhir stagnan di Rp 14.670/US$, pada pekan lalu Mata Uang Garuda juga cenderung stabil dengan hanya menguat 0,03%.

Rupiah menjadi salah satu faktor yang menentukan harga logam mulia di dalam negeri. Sebab emas dunia dibanderol dengan dolar AS, kala Mata Uang Garuda menguat maka harga emas dunia akan menjadi lebih murah jika dikonversi ke rupiah.

Harga emas dunia sendiri kemarin sebenarnya membukukan penguatan 0,28% ke US$ 1.904,26/troy ons, tetapi posisi tersebut terkoreski lumayan tajam dari level tertinggi harian US$ 1.918,21/troy ons.

Artinya emas sedang bergerak volatil. Pelaku pasar menanti kejelasan stimulus fiskal di Amerika Serikat (AS).

Ketua DPR (House of Representatif) yang berasal dari Partai Demokrat, Nancy Pelosi, memberikan tenggat waktu 48 jam sejak hari Minggu kemarin untuk mencapai kesepakatan dengan Pemerintah AS guna mencairkan stiumulus sebelum pilpres.

Artinya, masih ada peluang hingga Selasa waktu AS apakah stimulus akan cair atau tidak. Berapa besarnya stimulus yang akan digelontorkan masih menjadi perdebatan, Partai Demokrat yanug menguasai DPR AS mengusulkan US$ 2,2 triliun, yang dianggap terlalu besar oleh Pemerintah AS yang mengusulkan US$ 1,8 triliun.

Artinya, hari Selasa waktu AS, akan menentukan apakah emas mampu melesat lagi atau malah kembali melempem seperti pekan lalu. 

Stimulus fiskal merupakan salah satu bahan bakar emas untuk menanjak, jika cair maka logam mulia ini kemungkinan akan kembali melesat, yang pada akhirnya akan mengerek harga emas Antam.

TIM RISET CNBC INDONESIA (pap/pap)

 

Sumber : CNBC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar