Jumat, 12 April 2019

Heboh Surat Suara di Malaysia Tercoblos, Bagaimana Faktanya? | Rifanfinancindo

Heboh Surat Suara di Malaysia Tercoblos, Bagaimana Faktanya?
(CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Rifanfinancindo Palembang - Kabar menghebohkan datang dari Selangor, Malaysia. Warga Negara Indonesia (WNI) di sana melaporkan temuan berupa surat suara tercoblos, mayoritas nomor urut 01, yakni pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara ketika dikonfirmasi detikcom, Kamis (11/4/2019), membenarkan hal itu. Ia mengaku mendapatkan informasi sekitar pukul 12.00 waktu setempat.
"Saya langsung mendatangi langsung lokasi yang katanya ada surat suara tercoblos itu," kata Yaza seperti dikutip CNBC Indonesia dari pemberitaan detikcom.

Surat suara, menurut dia, dibungkus dalam kantong-kantong plastik berwarna hitam. Kantong-kantong itu diletakkan di sebuah ruko yang ada di Bangi, Selangor.

"Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil, terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01. Dan ada juga di pileg untuk dari NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu," ujar Yaza.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Fritz Edward Siregar saat dikonfirmasi terpisah mengaku sudah membuat rekomendasi perihal kinerja panitia pemilihan luar negeri (PPLN) yang diragukan.

"Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia," katanya.

"Terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar. Meminta KPU segera melakukan evaluasi kinerja," sambungnya.

Temuan ini mengejutkan lantaran pemungutan suara baru di Malaysia baru akan dilaksanakan pada Minggu (14/4/2019) pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Demikian tertulis dalam Surat Edaran Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Malaysia di Kuala Lumpur Nomor: 00036/WN/04/2019/07.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga negara Indonesia yang berada di Malaysia untuk dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2019. Terdapat 255 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di berbagai kawasan (terlampir)," demikian tertulis dalam surat edaran itu.

Berdasar lampiran itu, mayoritas TPS berada di KBRI Kuala Lumpur yang berlokasi di Jalan Tun Razak dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur di Lorong Tun Ismail masing-masing 25 TPS dan 23 TPS. Total pemilih di Malaysia merupakan yang terbanyak di antara negara-negara penyelenggara Pemilu Indonesia 2019, yaitu 985.216 pemilih.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara merespons pemberitaan tersebut.

"Ya dicek sajalah," ujar Jokowi selepas melaksanakan kegiatan kampanye di Depok, Jawa Barat, Kamis (11/4) sore.

Apabila itu benar dan merupakan pelanggaran, maka Jokowi mempersilakan agar dilaporkan ke Bawaslu.

"Mekanismenya jelas kok, enggak usah diangkat isu isu yang enggak jelas," kata petahana. (hps/hps)
 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar