Rabu, 18 November 2020

Duh! Bursa Asia Tak Kompak, IHSG Bisa Goyang Nih

Passersby are reflected on an electronic board showing the exchange rates between the Japanese yen and the U.S. dollar, the yen against the euro, the yen against the Australian dollar, Dow Jones Industrial Average and other market indices outside a brokerage in Tokyo, Japan, August 6, 2019.   REUTERS/Issei Kato
Foto: Bursa Tokyo (REUTERS/Issei Kato)

 

Rifan Financindo - Bursa saham Asia dibuka bervariasi namun cenderung melemah pada perdagangan Rabu (18/11/2020), merespons pelemahan bursa saham acuan global, Wall Street Amerika Serikat (AS) pada Selasa (17/11/2020) waktu AS.

Tercatat indeks Nikkei Jepang dibuka melemah 0,59%, Straits Times Index (STI) di Singapura terpangkas 0,1% dan Shanghai Composite China turun tipis 0,08%.

Sedangkan indeks KOSPI Korea Selatan dibuka menguat 0,46% dan Hang Seng di Hong Kong naik tipis 0,07%.

Beralih ke barat, bursa saham AS, Wall Street ditutup memerah pada perdagangan Selasa (17/11/2020) waktu setempat (AS).

Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 167,09 poin atau 0,56% menjadi 29.783,35, diikuti S&P 500 turun 17,38 poin atau 0,48% menjadi 3.609,53 dan Nasdaq Composite turun 24,79 poin atau 0,21% menjadi 11.899,34.

Penurunan bursa saham acuan global tersebut disebabkan karena adanya lonjakan kasus terjangkit virus corona (Covid-19) di Negeri Paman Sam, di tengah kabar positif dari beberapa kandidat vaksin virus Covid-19.

Bos The Fed, Jerome Powell menyoroti perlunya kehati-hatian, mencatat "tantangan dan ketidakpastian yang signifikan" tentang waktu, produksi, distribusi, dan kemanjuran vaksin, meski sudah dianggap berhasil.

"Dengan virus sekarang menyebar dengan kecepatan tinggi, beberapa bulan ke depan mungkin sangat menantang. Jadi mungkin terlalu dini untuk mengatakan dengan keyakinan apapun dampak dari vaksin terhadap jalur ekonomi," kata Powell dalam sebuah diskusi, dikutip dari AFP.

Data Departemen Perdagangan menunjukkan penjualan ritel pada Oktober meningkat namun tetap mengecewakan dengan 0,3% dari September sebelumnya.

Data tersebut menunjukkan perlambatan pertumbuhan di sektor yang mulai bangkit kembali berkat bantuan besar-besaran dari pemerintah, membuat konsumen kembali berdatangan untuk berbelanja.

Analis juga mencatat bahwa saham telah meningkat secara signifikan bulan ini, dan dijadwalkan untuk jeda atau mundur.

"Tampaknya pasar tidak benar-benar dalam bahaya untuk mengembalikan keuntungan serius," kata Peter Cardillo dari Spartan Capital.

Data penjualan ritel tersebut juga jauh berbalik dari proyeksi analis dalam polling Dow Jones yang memperkirakan pertumbuhan 0,5%.

"Wajar jika pasar perlu tarik nafas terlebih dahulu, dan rilis penjulan ritel yang cukup mengecewakan memfasilitasi itu," tutur Chris Larkin, Direktur Pelaksana E-Trade, sebagaimana dikutip CNBC International.

Sementara itu, di kawasan Asia sendiri, data ekonomi yang telah dirilis hari ini adalah data neraca perdagangan Jepang dan data ekspor-impor Jepang untuk periode Oktober 2020.

Melansir data dari Trading Economics, ekspor Negeri Sakura tersebut mulai tumbuh menjadi -0,2%. Walaupun masih di zona negatif, namun angka ini lebih baik dibandingkan dengan periode sebelumnya yang berada di angka -4,9%.

Sedangkan impor Negeri Sakura juga tumbuh di zona negatif, yakni menjadi -13,3% dari sebelumnya -17,4%.

Adapun neraca perdagangan Jepang mengalami surplus, yakni menjadi ¥ 872,9 miliar dari sebelumnya sebesar ¥ 687,8 miliar.

TIM RISET CNBC INDONESIA (chd/chd) 

Sumber : CNBC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar