Kamis, 26 November 2020

Gara-gara Wall Street Ambles, Bursa Asia Campur Aduk

People walk past an electronic stock board showing Japan's Nikkei 225 index at a securities firm in Tokyo Wednesday, July 10, 2019. Asian shares were mostly higher Wednesday in cautious trading ahead of closely watched congressional testimony by the U.S. Federal Reserve chairman. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Foto: Bursa Asia (AP Photo/Eugene Hoshiko)

 

PT Rifan Financindo Berjangka - Bursa saham Asia dibuka bervariasi pada perdagangan Kamis (26/11/2020), di tengah 'galau'nya bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street akibat data klaim pengangguran AS yang tidak memuaskan dan membuat pelaku pasar kecewa.

Hanya dua indeks utama Asia yang dibuka di zona hijau hari ini, yakni indeks KOSPI Korea Selatan (Korsel) yang dibuka menguat 0,16% dan Hang Seng Hong Kong yang naik tipis 0,02%.

Sedangkan sisanya dibuka di zona merah, yakni Straits Times Index (STI) Singapura yang dibuka terkoreksi 0,57%, Nikkei Jepang melemah 0,14%, dan Shanghai Composite China yang turun tipis 0,07%.

Beralih ke barat, bursa saham Wall Street ditutup mixed, cenderung melemah pada perdagangan Rabu (25/11/2020) waktu setempat, setelah sehari sebelumnya mencetak rekor tertingginya yang ditoreh oleh indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA).

Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 0,64% ke 29.853,55, S&P 500 terkoreksi 0,08% menjadi 3.632,37, tetapi Nasdaq Composite mampu menguat 0,57% ke 12.105,72.

Investor kecewa setelah melihat data ketenagakerjaan AS terkini. Pada pekan yang berakhir 21 November, jumlah klaim tunjangan pengangguran AS naik 30.000 menjadi 778.000, di atas konsensus pasar yang dihimpun Reuters dengan perkiraan 730.000. Klaim tunjangan pengangguran naik dalam dua pekan beruntun.

"Dalam beberapa pekan terakhir, pelaku pasar kesulitan menjadi berita negatif. Sekarang ada data ketenagakerjaan, yang menyadarkan kita bahwa tantangan jangka pendek masih sangat besar," kata Christopher Grisanti, Chief Equity Strategist di MAI Capital Management yang berbasis di Ohio, seperti diberitakan Reuters.

Pelaku pasar cemas bahwa kemungkinan pemulihan ekonomi di Negeri Paman Sam tidak secepat yang diperkirakan. Ternyata dampak pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) tidak bisa hilang begitu saja, 'luka' yang begitu dalam masih sangat terasa.

"Data ini menyadarkan kita bahwa pemulihan ekonomi tidak merata. Masyarakat kelas menengah-atas bisa berbelanja seperti tidak terjadi apa-apa. Namun mereka yang di bawah harus mengantre untuk mendapatkan makanan gratis dan kesempatan kerja yang sepertinya jauh dari pandangan," tegas Chris Rupkey, Chief Economist MUFG yang berbasis di New York, seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, ada rilis data yang juga menggambarkan kelesuan ekonomi Negeri Adidaya. Pada Oktober, konsumsi rumah tangga (yang menyumbang lebih dari dua pertiga dalam pembentukan Produk Domestik Bruto/PDB di AS) tumbuh 0,5% dibandingkan bulan sebelumnya (month-on-month/MoM). Melambat dibandingkan pertumbuhan September yang sebesar 1,2% MoM.

"Ekonomi kuartal IV-2020 mungkin masih akan tumbuh, bahkan cukup tinggi. Namun dengan lonjakan angka kasus positif corona, maka lajunya akan melandai. Mungkin kita akan melihatnya pada November dan Desember," kata Daniel Silver, Economist JPMorgan yang berkedudukan di New York, sebagaimana diwartakan Reuters.

Sementara itu, bank sentral Korsel (Bank of Korea/BoK) pada pagi hari ini memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuannya di level rendah 0,5%, karena bank sentral khawatir tentang pasar properti Korsel yang sedang panas.

Hal ini sejalan dengan hasil jajak pendapat yang dilakukan Reuters terhadap 22 analis.

TIM RISET CNBC INDONESIA (chd/chd)

Sumber : CNBC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar