Senin, 02 November 2020

Lama Tak 'Tanding', Rupiah Langsung Terlemah di Asia!

Dollar AS - Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Ilustrasi Rupiah dan Dolar AS (CNBC Indonesia/M Sabki)

 

Rifan Financindo - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah pun lemas di perdagangan pasar spot.

Hari ini, Senin (2/11/2020), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.14.718. Rupiah melemah 0,19% dibandingkan posisi sebelum cuti bersama perayaan Maulid Rasulullah SAW.

Di 'arena' pasar spot, rupiah juga merah. Pada pukul 10:02 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.650 di mana rupiah melemah 0,21%.

Kala pembukaan pasar, rupiah masih stagnan di Rp 14.620/US$. Namun itu tidak lama, tidak sampai dua menit rupiah langsung masuk jalur merah.

Sementara mata uang utama Asia lainnya bergerak variatif di hadapan dolar AS. Selain rupiah, mata uang yang juga melemah adalah dolar Hong Kong, rupee India, dolar Singapura, baht Thailand, dan dolar Taiwan. Namun dengan depresiasi 0,21%, rupiah jadi yang terlemah di antara mereka.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning di perdagangan pasar spot pada pukul 10:05 WIB:

Well, rupiah memang butuh waktu untuk beradaptasi. Pekan lalu, mata uang Ibu Pertiwi hanya dua hari diperdagangkan, sisanya pasar libur karena cuti bersama. Oleh karena itu, rupiah perlu waktu untuk mencerna berbagai sentimen yang terlewatkan, terutama lonjakan kasus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) di Eropa dan AS.

Tidak hanya itu, investor juga sepertinya melakukan aksi jual didorong oleh pencarian cuan (profit taking). Sepanjang Oktober, rupiah menguat 1,21% di hadapan dolar AS dan menjadi mata uang terbaik keempat di Asia.

Aksi profit taking ini menjadi beban bagi rupiah untuk menguat. Ditambah dengan preferensi investor untuk tetap menggenggam dolar AS, ruang penguatan rupiah sangat terbatas.

TIM RISET CNBC INDONESIA (aji/aji)

Sumber : CNBC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar