Selasa, 24 November 2020

Nyesek! Harga Emas Antam Ambrol 1,6%, Termurah Sejak Juli

Dok Antam
Foto: Dok Antam


Rifan FinancindoHarga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, atau yang dikenal dengan emas Antam anjloik pada perdagangan Selasa (24/11/2020), hingga menyentuh level terendah dalam 4 bulan terakhir. Harga emas dunia yang merosot pada perdagangan Senin menjadi pemicu anjoknya emas Antam.

Emas antam satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 961.000/batang, anjlok 1,64% dibandingkan harga awal pekan kemarin, berdasarkan data dari logammulia.com, situs resmi milik PT Antam. Harga tersebut merupakan yang termurah sejak 20 Juli lalu.

Sementara itu satuan 100 gram yang biasa menjadi acuan turun 1,74% ke Rp 90.312.000/batang atau Rp 903.120/gram.

Harga emas dunia kemarin merosot 1,85% ke US$ 1.835,85/troy ons, tertekan akibat perkembangan vaksin virus corona serta data ekonomi AS yang apik.

Setelah perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer dan Moderna, yang mengklaim vaksin buatanya mereka efektif mengatasi virus corona hingga lebih dari 90%, kini giliran perusahaan farmasi asal Inggris AstraZeneca yang melaporkan vaksin buatanya efektif sekitar 90% tanpa menimbulkan efek samping yang serius.

Semakin banyak vaksin yang diklaim berhasil mengatasi virus corona tentunya membuat hidup akan normal kembali lebih cepat. Alhasil, daya tarik emas sebagai aset aman (safe haven) meredup.

Selain itu data ekonomi dari AS juga menunjukkan kejutan. Ekspansi sektor manufaktur justru semakin meningkat meski Negeri Paman Sam sedang mengalami lonjakan kasus penyakit virus corona (Covid-19).

Markit melaporkan, purcashing managers' index (PMI) manufaktur di bulan ini melesat ke 56,7 dari bulan sebelumnya 53,4.

PMI manufaktur menggunakan angka 50 sebagai ambang batas, di atasnya berarti ekspansi, sementara di bawah 50 artinya kontraksi.

Ekspansi sektor manufaktur AS yang mengejutkan, serta perkembangan vaksin virus corona membuat kemungkinan gelontoran stimulus fiskal tidak akan sebesar ekspektasi sebelumnya.

Stimulus fiskal merupakan salah satu "bahan bakar" emas untuk menguat, jika nilainya kecil tentunya logam mulia ini menjadi kurang bertenaga.

TIM RISET CNBC INDONESIA (pap/pap)

Sumber : CNBC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar