Selasa, 03 Desember 2019

Bukan China, Negara Ini Kena 'Api' Perang Dagang Baru Trump!

Bukan China, Negara Ini Kena 'Api' Perang Dagang Baru Trump!
Foto: Presiden AS Donald Trump (REUTERS/David Becker)
Rifan Financindo - Amerika Serikat melancarkan serangan dagang baru. Kali ini bukan ke China, melainkan ke Amerika Latin yakni Brasil dan Argentina serta negara Eropa yakni Prancis.

Lalu seperti apa serangan Presiden AS Donald Trump ke dua kawasan ini?

1. Kenaikan Tarif Baja Brasil dan Argentina

Melalui akun twitternya, Presiden Trump mengatakan akan menerapkan lagi bea masuk importasi baja dan aluminium dari Brasil dan Argentina.


Kedua negara dituduh sengaja mendevaluasi mata uang mereka, yang menyebabkan petani di AS kehilangan daya saing.

"Brasil dan Argentina telah melakukan devaluasi besar-besaran terhadap mata uang mereka, dan hal itu tidak bagus untuk petani kita. Oleh karena itu, efektif secepatnya, saya akan menerapkan lagi bea masuk semua baja dan aluminum yang masuk ke AS dari dua negara tersebut" kata Trump melalui akun Twitternya, sebagaimana ditulis CNBC International. 

2. Kenaikan Bea Masuk Produk Pertanian Prancis
Bukan hanya itu, malam di hari yang sama Trump juga mengancam akan mengenakan tarif hingga 100% atas barang-barang Prancis senilai US$ 2,4 miliar. Produk pertanian Prancis, seperti Anggur dan keju, masuk dalam daftar barang yang ditargetkan.

Ini adalah serangan balasan AS atas pajak layanan digital yang dikatakan Trump diskriminatif. Sebelumnya Perwakilan Dagang AS menemukan fakta bahwa Prancis memberi pajak yang tinggi pada perusahaan teknologi asal AS seperti Google, Apple Facebook dan Amazon.

Pejabat perwakilan dagang AS USTR, Robert Lighthizer juga akan melakukan hal yang sama pada Austria, Italia dan Turki. Kini penyidikan sedang dilakukan AS pada ketiga negara itu. (sef/sef)

Sumber : CNBC
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar