Jumat, 27 Desember 2019

Yuk Intip Jejak Santa Claus Rally di Pasar Emas Global

Yuk Intip Jejak Santa Claus Rally di Pasar Emas Global
Foto: REUTERS/Edgar Su

PT Rifan Financindo - Santa Claus Rally ternyata terjadi juga di pasar spot emas global, yang menunjukkan bahwa Santa juga datang ke pasar komoditas logam mulia kuning itu, tidak hanya di pasar saham dan obligasi.

"The Santa Claus Rally" secara umum didefinisikan secara luas sebagai penguatan pasar yang terjadi di hari-hari kejepit nasional di antara libur Natal dan Tahun Baru, atau secara formalnya dapat dijelaskan sebagai penguatan pasar pada 5 hari bursa terakhir ditambah 2 hari pertama setelah tahun baru.

Meskipun Santa Rally lumrahnya ditemui di pasar saham Wall Street, harga spot emas Refinitiv menunjukkan harga spot emas lebih banyak menguat karena koreksi hanya terjadi tiga kali dalam 10 tahun terakhir.

Penguatan terbesar terjadi pada akhir 2017 di mana harga emas naik menjadi US$ 1.312/troy ounce (onz) pada 3 Januari 2018 dari posisi US$ 1.274,61/oz pada 22 Desember 2017. Selain pada 2017, penguatan harga spot emas global juga terjadi pada tahun 2009, 2012, 2013, 2014, 2016, dan 2018.

Meskipun naik pada periode Santa Rally, pergerakan komoditas logam mulia tersebut di periode yang sama tetapi dengan rentang yang lebih panjang yaitu untuk sepanjang Desember dalam 10 tahun terakhir masih lebih banyak turunnya.

Naiknya harga emas di pasar spot dunia juga menjadi cerminan saktinya sentimen pemolesan laporan investasi pelaku pasar keuangan dunia, terutama ketika kekhawatiran terhadap perang dagang Amerika Serikat (AS)-Chian justru sedang mereda.

Padahal, kodrat emas adalah instrumen yang dianggap lebih aman (safe haven instrument) sehingga emas sering digunakan sebagai alat lindung nilai (hedging) terhadap instrumen keuangan lain ketika kondisi pasar sedang tidak kondusif.

Tahun ini, kemungkinan Santa Rally akan terjadi juga di pasar spot emas dunia karena hingga Jumat hari ini (27/12/2019) pergerakan komoditas tersebut sudah mulai terendus karena di pasar global masih menguat, terutama jika harga emas spot saat ini dibanding harga pada 20 Desember, 23 Desember, 24 Desember, 25 Desember, dan 26 Desember.
TIM RISET CNBC INDONESIA (irv/tas)
Sumber : CNBC
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar